Sunday 8 May 2016

Bagaimana Cara Merawat Mesin CBR 150 / Mesin Injeksi


Honda adalah brand motor terkenal di seantero jagat raya ini, apalagi di indonesia honda sangat melekat di benak setiap masyarakat indonesia, honda selalu memberi desain yang gagah, keren, dan berkelas. selain desain honda memberikan dapur pacu yang layak untuk diberikan dua jempol.

Belum lama ini honda telah mengeluarkan produk teranyarnya yaitu All New CBR 150, motor ini merupakan bentuk rombakan total dari versi sebelumnya, All New CBR memliki desain yang modern ketimbang dari versi oldnya. motor ini nampak begitu berkelas, dan ramping. walaupun ramping sebenarnya motor ini nampak begitu kekar, terlihat dari lekuk-lekuk desain yang tampak di motor ini. All New CBR memiliki perubahan total mulai dari desain headlamp, windshield, Tangki, versi teranyar honda ini menggunakan spit jok yang berarti menggunakan jok terpisah, yang semakin membuatnya lebih sporty, walaupun nampak sporty motor ini tetap ergonomy dikarenakan benruk chasisnya. selain desain dan ergonominya motor ini dibekali mesin fuel injection yang berarti motor ini menggunakan jenis mesin injeksi yang tentunya lebih menghemat konsumsi bahan bakarnya.

mesin injeksi membutuhkan perawatan yang bisa dibilang mudah dan rumit. begitu pula motor cbr ini, perawatannya bisa dibilang mudah dan sulit. berikut adalah cara perawatan motor All New CBR 150 :

1. Panaskan Motor Dipagi Hari / Sebelum Dipakai.

Memanaskan motor merupakan hal yang paling mudah dilakukan namun, pada berbagai kasus banyak yang lupa tentang ini. pemanasan motor begitu penting bagi motor yang berguna untuk memperlancar oli dan lain lain. jadi, jangan lupakan langkah mudah ini.

2. Ganti Oli Sesuai Jadwal.

Ganti oli, ganti oli begitu mudah tinggal kita bawa motor kita ke bengkel resmi. banyak yang lupa akan penggantian oli ini padahal, oli sangatlah penting bagi motor kita usahakan ganti oli pada 500-1000 km sekali, atau bisa 1 bulan sekali. usahakan oli jangan sampai habis dikarenakan bisa menurunkan peforma bahkan bisa mengakibatkan kerusakan dimesin.

3. Gunakan Bahan Bakar Minimal Pertamax.

tidak usah dipungkiri, bahan bakar merupakan salah satu bagian terpenting dalam perawatan mesin. gunakanlah bahan bakar pertamax untuk motor anda dikarenakan bahan bakar pertamax dapat menambah peforma akselerasi motor anda dan membersihkan tangki bahan bakar anda. jangan sampai mencampur bahan bakar pertamax dan bensin, hal itu bsia menyebabkan kerusakan di piston. jadi, gunakanlah bahan bakar minimal pertamax.

4. Setelah Kehujanan Biasakan Dicuci.

mungkin ketika anda riding dan mendadak hujan otomatis anda mencari tempat teduh untuk berteduh atau lanjut dengan keadaan kehujanan dan simotor juga kehujanan. pasti kebanyakan dari anda tidak membilas dengan air tanah / sumur, memang tidak bisa terpungkiri bahwa motor yang kehujanan nampak lebih keren akan tetapi ini menyebabkan lunturnya warna cet motor agan. usahakan bila motor terkena air hujan segera cuci / bilas dengan air tanah ( sumur/pam ). jangan gunakan air hujan lagi ataupun air sungai. dikarenakan kebanyakan air sungai datangnya dari air hujan.

5. Usahakan Motor itu digunakan Keliling Komplek / dipanasi, bila jarang memakainya.

banyak diantara kita melalaikan motor dengan alasan sibuk bekerja, motor itu harus dipanasi dan dibuat keliling komplek. minimal dipanasi setiap hari supaya motor dalam keadaan prima. banyak yang menjual motor bekas dengan km rendah, pasti motor-motor seperti itu jarang di pakai. dan usahakan sebelum membeli motor dengan notabennya km rendah tanyakan kepada penjualnya apakah sering dipanasi atau tidak ? jika tidak sebaiknya anda mencari motor lain dikarenakan motor yang jarang dipanasi akan membuat mesin jadi down / peformanya turun bahkan kerusakan pada mesin.

6. Jangan Menggunakan ECU RACING !!.

ECU banyak digunakan untuk mendongkrak power suatu motor, memang power bagian penting dalam motor akan tetapi usahakan jangan menggunakan atau mengganti dengan ECU RACING. ECU itu di ibaratkan ganja, pada awal memang power bisa dirasakan dan bahkan menambah limiter atau top speed dari suatu motor tetapi dalam jarak 2-4 tahun peforma mesin anda akan berkurang drastis bahkan turun mesin. jadi jangan gunakan ECU RACING.

7. jangan Selalu Gas Pentok.

Gas pentok pasti kebiasaan dari kaum adam, jangan selalu menggunakan gas pentok bisa bsia mesin motor anda akan cepat rusak. dan masih banyak lagi.

bagaimana ? mudah bukan dalam perawatan mesin motor All New CBR 150 ? cukup memperhatikan hal-hal diatas anda bisa memperpanjang umur motor anda. sekian semoga bermanfaat bagi kita semua, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

8 comments:

  1. Bagus artikelnya gan, saya pengguna mesin non injeksi jadi cuma menyimak saja

    ReplyDelete
  2. Mantab min. saya juga pengguna mesin injeksi. Ijin Bookmark

    ReplyDelete
  3. top infonya.
    utk yg punya motor injeksi lain pun samakan cara perawatannya gan

    ReplyDelete
  4. kalau ane punya yang cbr250r gan :D

    ReplyDelete
  5. kira-kira harga cbr 150 berapa yaa gan ?

    ReplyDelete
  6. Panasin motor pagi hari? Masih zaman???? Bukan injeksi pux sensor ECU yg cepat memanaskan mesin, 1-2menit udh cukup. Sangat berbeda dgn karbu yg perlu sampai 5-10 menit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat betul sekali cak, injeksi cuma 1-2 menit udh cukup :D .

      Delete