Saturday 7 May 2016

Cara Penulisan Artikel Di Blog Yang Baik Dan Benar


Pada kesempatan kali ini, selaku admin jalanblusuk ( JB ). saya akan membagikan tips-tips cara penulisan artikel di blog yang baik dan benar, oke. langsung saja kita bahas. tidak usah dipungkiri google pasti akan mencari atau memilih atau juga menyeleksi artikel dari setiap blog/website jadi, peringatan bagi kalian yang suka copas artikel dari blog lain, apalagi blog kalian sudah terdaftar secara resmi di google adsense. bisa bisa akun google adsense kalian bisa di banned euy.

Cara penulisan artikel di blog yang baik dan benar, Yang Harus Diperhatikan :

1. Tentukan Topik Artikel.

Topik artikel sangatlah penting untuk sebuah artikel. langkah pertama dalam penulisan artikel di blog yang baik dan benar adalah penentuan topik. jadi, tentukanlah terlebih dahulu topik apa yang akan sobat bahas di blog / website sobat. misalnya : topik artikel tentang otomotif, SEO, Game, dll. langkah ini merupakan langkah yang amat penting guys, jika sobat tidak menentukan topik pembahasan / artikel kalian akan kesusahan dalam penulisan.

2. Mulailah Menulis Artikel Yang Baik.

Bagaimana kita menulis artikel yang baik ? penulisan yang baik itu tidak mengandung unsur pelecehan, sara, ataupun hal-hal yang tidak baik untuk pembaca maupun penulis. penulisan artikel juga tidak tergantung pada jumlah kata yang kita tulis euy... kenapa ? karena percuma kita menulis panjang lebar akan tetapi pembaca kita tidak memahami isi dari artikel kita / intinya. jadi, penulisan artikel yang baik itu adalah penulisan yang singkat, padat, dan jelas sobat. karena kebanyakan orang tidak suka dengan tulisan yang banyak dan susuh dimengerti.

3. Jangan terpaku dalam gaya bahasa / bahasa baku.

Dalam penulisan artikel, sobat jangan terpaku dari bahasa baku. gunakanlah bahasa yang baik, sopan. ya, karena jika kita terpaku dalam gaya bahasa kapan kita menulis ? bisa seharian kita menulis artikel tersebut karena kebanyakan mikir dan bisa botak, hahaha.. kita teman dalam belajar jadikan kita menggunakan bahasa informal saja sudah cukup asalkan, tidak menyinggung atau menghina ( SARA ) kepada orang lain usahakan gunakan bahasa yang baik dan sopan saja sudah cukup.

4. Jangan Flat / Monoton.

jangan flat, kenapa demikian ? walaupun dalam penulisan artikel usahakan artikel kita itu jangan flat atau monoton dalam arti di kosa kata yang kita gunakan. misalnya dalam artikel kita cumaaan menggunakan bahasa baku aja. tidak ada hiburan gitu.. usahakan kita selipkan kata / kalimat guyon ( lawak ) istilah gue alay lah bro. untuk apa ? ya untuk penenang agar suasana tidak tegang dan flat euyy. toh kebanyakan dari pembaca suka artikel yang ada kata / kalimat lawak, kang bro.

5. Akhiri dengan Maaf atau Kesimpulan.

Dalam penulisan secara harfia ( waw bahasanya tinggi euy ) pasti ada kesalahan ataupun kekurangan, karena manusia tidak selamanya benar. gunakan pengakhiran dengan meminta maaf baik kesalahan penulisan ataupu kekurangan penulisan. akan lebih baik lagi jika ditambahi dengan kesimpulan agar pembaca bisa mengerti dengan jelas apa toh yang kita sampaikan.

6. Mulailah Menulis Judul Ketika Artikel Telah Dibuat.

piye kang bro, kok penulisan judul keri dewe ? oke kang bro aku jelasin. jadi gini dalam penulisan artikel judul itu langkah terakhir, kenapa ? judul bisa dipikirkan belakangan yang penting isi artikel bisa diterima dan dapat terindex di google :v. lha, kalau kita tepaku dalam penulisan artikel di awal bisa puyeng kita mikirin artikel nanti.. kapan nulisnya klo mikir judul mulu ? so, tulis artikel baru judul guys. okelah kalau begitu aku kasih rahasianya agar bisa membuat judul di artikel, gunakanlah rumus dibawah ini guys.

inti artikel + imbuhan

misal : Cara penulisan di blog ( inti artilel ) yang baik dan benar ( imbhuan ). saya menulis artikel ini, dengan inti : cara penulisan di blog. nah saya tambahin dengan imbuhan : yang baik dan benar. contoh lagi : Perbaikan Mesin Injeksi ( inti Artikel ) + Mio Soul ( imbuhan ). usahakan menggunakan keyword yang banyak dicari oleh orang orang misalnya menggunakan " yang baik dan benar ".

last - mungkin cara cara diatas bisa menambah wawasan lagi tentang SEO atau dengan cara di atas bisa mendongkrak ratting blog kita ? hehe, cukup sekian bila ada kesalahan pengucapan saya minta maaf, dan apabila anda kurang jelas dengan postingan diatas anda bisa meninggalkan komentar yang insyallah saya balas sebisanya hehe. pada intinya dalam Cara penulisan artikel di blog yang baik dan benar, kita tidak harus dituntut menggunakan bahasa / gaya bahasa yang neko neko cukup menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

26 comments:

  1. Wah lengkap banget tutornya, terimakasih sudah share

    ReplyDelete
  2. wah mantep ni, bisa jadi bahan pelajaran btw ane belum baik dan bener nulis artikelnya hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih gan atas sharenya.

    Kalau ane sih biasanya nulis yang sesuai pengalaman atau apalah yang lagi tren dibahas. Maklum topik blog ane gado-gado. Jd gak fokus kayak yg agan bilang. Gak tau tuh kalau SEOnha jd macam apa. Yg penting original aja

    ReplyDelete
  4. mantep banget gan,cocok banget nihh buat ane yang lagi belajar penulisan artikel yang baik dan benar :D

    ReplyDelete
  5. mantap gan :) bisa jadi referensi buat penulis di blog

    ReplyDelete
  6. terimakasih tipsnya.. sangat bermanfaat.. ^_^

    ReplyDelete
  7. Gan kalau tips yang no 3 berpengaruh ke SEO dan GA ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pengaruh bang, yang penting pembaca ngerti dengan apa yang kita postingkan, kyknya google malah suka dengan yang seperti ini hehe

      Delete
  8. Mantap, izin diterapkan gan :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan, thanks atas kunjungannya yah !!!

      Delete
  9. boleh dicoba ini gan, khusunya saya blogger pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mas, semoga bermanfaat ya :D

      Delete
  10. Keren masbro artikelnya, setelah baca saya jadi tahu bagaimana cara menulis blog yang benar,, terimakasih masbro..

    ReplyDelete
  11. Bagus sih gan, tpi menurut ane gak semua topik juga diselipkan guyonan, kan ada topik penting yang gk bisa di guyon :)

    ReplyDelete
  12. thanks infonya gan. berguna banget buat saya blogger pemula

    ReplyDelete
  13. Terima kasih buat artikelnya bro ^_^

    ReplyDelete
  14. makasih infonya..., jadi tahu mengenai tata cara penulisan artikel yang benar.

    Silahkan berkunjung.
    Belajar Teknik Kendaraan Ringan.
    mriptek.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  15. wiih bisa di jadikan ferensi juga nih

    ReplyDelete
  16. Dicoba Ah Gaya Penulisan artikel nya

    ReplyDelete
  17. artikelnya sangat menarik, akan tetapi saya sedikit saran saja. penempatan . dan , harus tepat sasaran .

    salam kenal dan happy blogging

    ReplyDelete
  18. bermanfaat gan artikelnya
    kunbalnya gan
    http://gustiansand.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thanks kunjungannya, siap kang brow

      Delete
  19. Kalau saya menulis artikel lebih ikut ke alur hati saja..
    jadi menulisnya jg enjoy..

    ReplyDelete