Friday 13 May 2016

Dampak Negatif Sinetron Anak Jalanan


Sinetron siapa sih yang tidak menonton sinetron ? khususnya ibu-ibu, pasti mereka sering bahkan setiap hari menonton sinetron. sinetron memanglah dibuat untuk hiburan akan tetapi sinetron juga mempunyai dampak negatif bagi kita bukan hanya berdampak negatif kepada orang dewasa melainkan juga kepada anak-anak. kenapa ? dikarenakan pada usia kanak-kanak mereka sedang dalam tahap pembelajaran, mereka belajar dengan melihat. Dalam tanda kutip " Mereka belajar dari apa yang mereka Lihat ".

Memang tidak semua sinetron berdampak negatif, ada sebagian sinetron memberikan dampak positif kepada kita. Anak Jalanan adalah sinetron unggulan salah satu stasiun televisi swasta, sinetron ini menceritakan seseorang baik dan seseorang jahat. boy katakanlah dia adalah seseorang yang " baik " disinetron itu, sinetron ini menceritakan bagaimana kehidupan anak punk" atau anak jalanan yang memakai motor sport modifikasi racing apalagi ditambah dengan knalpot racingnya ? sinetron ini berinti balapan, yang tidak patut dipertontonkan untuk andak kecuali dengan bimbingan orangtua.

Beikut ini merupakan dampak negatif sinetron mas boy Anak Jalanan Bagi Anak-anak :

1.) Menimbulkan Kemalasan.

Tidak bisa dipungkiri, segala sinetron mau sinetron lokal ataupun manca akan menimbulkan kemalasan bagi orang yang menontonnya apalagi orang tersebut tidak bisa membedakan mana realitas dan mana fatamorgana, dalam arti kewajiban yang harus dia lakukan. misalnya : si A menonton sinetron katakanlah B, masuk waktunya beribadah dia malah tidak menghiraukan waktu ibadahnya bahkan tidak beribadah. itulah salah satu contoh dampak yang akan muncul, apalagi jika itu muncul diusia kanak-kanak. maka, hendaklah para orangtua untuk lebih bijak lagi dan seringlah menemani anak-anak kalian saat menonton sinetron.

2.) Tidak Percaya Diri.

Sinetron mempengaruhi anak-anak agar mereka menjadi tidak percaya diri, hal ini terjadi dikarenakan mereka selalu menonton televisi yang mereka lakukan berjam-jam bahkan samapi membuat dia tidak keluar rumah. hal inilah merupakan faktor penyebab dampak tersebut. biarkan anak-anak kita keluar rumah bermain dengan teman-temannya, mereka akan mempunyai rasa percaya diri untuk bergaul dan berbicara tentunya dalam pengawasan kita juga. intinya buatlah anak kita bermain diluar rumah bersama temannya dengan bimbingan kita, hal ini bisa membuat dia percaya diri.

3.) Melakukan Tindakkan Anarki.

Dalam laga sinetron apalagi sinetron Anak jalanan, 7 Manusia Harimau, dll. terdapat aksi kekerasan seperti beramtem / berkelahi nah jika anak-anak kita melihat laga laga ini tanpa bimbingan kita maka bisa menyebabkan anak kita meniru adegan adegan berantem / berkelahi tersebut.  sesuai yang telah disampaikan tadi bahwa masa kanak kanak adalah masa belajar dengan melihat, bayangkan anak kita melihat laga berantem tersebut, kemudian kelak nanti bisa lho mereka menjadi anarkis terhadap temannya, oranglain bahkan terhadap kita. maka dari itu selalu bimbing mereka dan awasi mereka ketika menonton tv.

4.) Kebanyakan Waktu Merekea Adalah Belajar di TV.

anak anak biasanya suka menonton tv berjam jam bahkan melebihi porsi belajarnya. maka bisa kita simpulkan mereka belajar bukan dari materi mata pelajaran melainkan mereka belajar di Tv. hal ini lah faktor paling utama yang bisa memicu dampak-dampak lain, sebaiknya batasi dan jadwalkan kegiatan menonton tv untuk anak kita dan itu pun harus dengan pengawasan kita sebagai orangtua.

5.) Membuat Mata Sakit Bahkan Minus.

berdiri didepan televisi berjam jam tentunya akan membuat mata kita menjadi sakit, semakin lama kelamaan bisa membuat mata kita minus, usahakan batasi anak-anak kita menonton televisi dan berijarak antara dia dengan tv ketika menonton tv.

Mungkin hal-hal diatas merupakan dampak yang timbulkan oleh sinetron anak jalanan, bukan hanya anak jalanan melainkan semuanya. jadi ayo bimbing dan arahkan anak kita ketika menonton televisi dan jagalah mereka ketika mereka bermain. mohon maaf jika ada kekurangan maupun kesalahan penulisan artikel dan juga mohon maaf jika ada kata yang tidak mengenakkan hati kalian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita para orangtua maupun kita sebagai anak-anak agar lebih memperhatikan kesehatan dan dampak apa yang akan ditimbulkan jika menonton tv terus terusan. Jangan lupa tinggalkan komentar sekian sampai bertemu di postingan berikutnya.

5 comments:

  1. Ya begitulah gan tv indonesia lebih memikirkan rating

    ReplyDelete
  2. setuju bang sama yg diatas

    ReplyDelete
  3. hehe..kampret nih sinetron

    ReplyDelete
  4. Waduh... Sodara saya suka nonton lagi

    ReplyDelete
  5. wah anak jalanan. saya tidak terlalu suka ama ini film ini terlalu memamerkan harta cinta di masa sekolah

    ReplyDelete